IP

Menjaga Keistiqomahan dengan Menjaga Hati dan Lisan

Menjaga Keistiqomahan dengan Menjaga Hati dan Lisan

Hal paling awal yang harus dijaga agar seseorang bisa Istiqomah adalah menjaga Hati. Jika hati seseorang baik, maka akan baik anggota tubuhnya. Sebagaimana disebutkan dalam Hadits anNu’man bin Basyir Radhiyallahu Anhu riwayat Al-Bukhari dan Muslim (hadits ke-6 Arbain anNawawiyyah).

🔎 Setelah menjaga Hati, selanjutnya adalah menjaga Lisan agar tidak mengucapkan ucapan-ucapan yang dilarang Allah Subhanahu Wa ta'ala.

إِذَا أَصْبَحَ ابْنُ آدَمَ فَإِنَّ الْأَعْضَاءَ كُلَّهَا تُكَفِّرُ اللِّسَانَ فَتَقُولُ اتَّقِ اللَّهَ فِينَا فَإِنَّمَا نَحْنُ بِكَ فَإِنْ اسْتَقَمْتَ اسْتَقَمْنَا وَإِنْ اعْوَجَجْتَ اعْوَجَجْنَا

🍃 Pada pagi hari, seluruh anggota tubuh anak Adam semuanya tunduk pada Lisan, dan berkata: (wahai lisan), Bertakwalah kamu kepada Allah atas (keselamatan) kami. Karena keadaan kami tergantung engkau. Jika engkau istiqomah, kami akan istiqomah. Jika engkau menyimpang, kami (juga) menyimpang (H.R atTirmidzi dari Abu Said al-Khudry, al-Munawy menyatakan bahwa sanadnya Shohih dalam Faydhul Qodiir).

🌷 Sesuai juga dengan kelanjutan lafadz Hadits ini, bahwa setelah Rasul memberikan wasiat untuk Beriman dan Beristiqomah, Sahabat Nabi Sufyan bin Abdillah Radhiyallahu Anhu bertanya lagi:

مَا أَكْثَرُ مَا تَخَافُ عَلَيَّ

🍃 Apakah yang paling banyak engkau takutkan terhadapku?

فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِلِسَانِ نَفْسِهِ ثُمَّ قَالَ هَذَا

🍃 Kemudian Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam memegang Lisan beliau sendiri, kemudian berkata: Ini (riwayat Ibnu Majah, dishahihkan oleh al-Hakim dan disepakati adz-Dzahaby).

☝️ Hal itu menunjukkan bahwa untuk bisa  Istiqomah, seseorang harus menjaga Lisannya.

~~~~~~~~~~~~~~~~

📚 Dikutip dari Buku " 40 HADITS PEGANGAN HIDUP MUSLIM
(Syarh Arbain anNawawiyah) "

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram(dot)me/alistiqomah

=====*****=====
📶 Publikasi:
📖 WA Salafy Solo
📮Channel Salafy Solo
Https://tlgrm.me/salafysolo
Rajab 1437 H

0 Response to "Menjaga Keistiqomahan dengan Menjaga Hati dan Lisan"

Posting Komentar